Senin, 06 Februari 2012

Jatuh Cinta sama Paes Ageng

Sebelum tahun 2008, aku sama sekali nggak ngerti nggak dong tentang jenis2 riasan manten. Yang aku tahu ya Solo Putri, karena bulik2ku yang menikah biasanya menggunakan riasan Solo Putri.

Nikahan ortu :p tahun 1986. Riasan solo putri itu ya kira2 seperti inilah...

Tahun 2008 (kalo ngga salah), aku menghadiri pernikahan teman kostku, Mbak Nuron. Di sanalah aku pertama kali kenal riasan yang berbeda dengan yang selama ini aku ketahui. She was so beautiful, in her green kebaya and her "Paes Ageng". Setelah beberapa lama, baru aku tahu kalo riasan yang dipakai oleh Mbak Nuron itu riasan khas Jogja namanya Paes Ageng.

Ciri khas Paes Ageng ini adalah adanya prada/serbuk emas yang membingkai paes.
Paes = yang digambar di dahi itu lho... kemudian alis yang digambar bercabang, kalo ga salah namanya ranggah menjangan :p Trus bentuk sanggulnya juga beda. Sampai masa pemerintahan Sultan Sultan HB VIII, paes ageng ini hanya boleh dikenakan oleh kerabat raja. Baru pada masa pemerintahan raja berikutnya, Sultan HB IX (1940), mengijinkan masyarakat umum memakai busana ini dalam upacara pernikahan.

ini contoh riasan dan baju penganten gaya jogja. Gambarnya ambil dari sini tekape

Sepertinya dulu paes ageng dikenakan bersama busana yang disebut dodot, model basahan semacam kemben. Namun sekarang sudah banyak modifikasi, bisa juga dikenakan bersama kebaya, sedangkan penganten putra nya mengenakan beskap.

Gaya Paes Ageng Jogja Basahan @nikahan sepupuku ^___^

Kalau di bawah ini contoh rias paes ageng modifikasi, udah pake kebaya modern. Hmmph, embaknya cakeeep deh :p
gambar ambil dari sini tekape 2


Tanpa mengesampingkan jenis2 riasan yang lain, rasanya aku sudah jatuh cinta sama Paes Ageng. Rasanya kalo melihat manten putri yang ber-paes ageng, itu angguuuuun banget, udah kaya putri raja beneran... (berasa anak kecil yang berandai2 jadi putri raja :0 )
Hihihiii...apalagi teman2ku yang di Jogja, pas nikah kebanyakan menggunakan paes ageng >.<


Someday...someday...



I'll be your most beautiful bride :)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ahahah soon sista,,, very soon :P

Mak Pe mengatakan...

i hope so... :p