Jumat, 12 Maret 2010

Back to Kitchen


Kembali memasak!!! Sayangnya kali ini aku nggak ikut masak, hehee…. Cuma jadi asistennya Bebi. Dia ni punya proyek memasak Sup dan Bergedel Tahu!!!! Sebenernya aku Cuma pengin bikin mie instan goreng pake telor ceplok dan sawi ijo yang banyak, tapi liat bebi mau bikin bergedel tahu, aku jadi tergoda buat ikutan masak…
Ini neh resepnya :



Sup Ajib (Idul lho yang kasih nama…)
Bahan : Wortel 2 buah, kembang kol, sosis ayam 3 buah, bakso sapi, 3 siung bawang putih besar, 1 siung bawang Bombay ukuran sedang, seledri, daun bawang sedikit, margarin, merica, garam dan kaldu blok. Jangan lupa bawang merah goreng untuk taburan.
Cara membuat :
1. Siapkan bahan – bahannya, wortel dikupas dan dipotong – potong, kembang kol juga dipotong – potong, bakso dan sosis juga diiris sesuai selera, seledri dan daun bawang juga diiris halus.
2. Bawang Bombay diiris kasar.
3. Uleg bumbu halus : merica, garam dan bawang putih.
4. Tumis bawang Bombay dan bumbu halus dalam 2 sendok margarine hingga layu dan berbau harum. Sementara menumis, siapkan panci berisi air.
5. Setelah cukup matang, bumbu yang ditumis segera dituang ke dalam panci berisi air dan panci segera dijerang di atas api.
6. Masukkan kaldu blok dan garam, tambahkan sedikit gula hingga komposisi rasanya pas. Bila kurang pedas, tambahkan merica bubuk.
7. Setelah air mendidih, masukkan wortel, kemudian kembang kol dan bakso serta sosis
8. Masak hingga sayuran matang, sesaat sebelum diangkat dari api masukkan seledri dan daun bawang.
9. Sebelum disajikan, taburkan bawang merah goreng…. Hmmmm….maknyussss….
Sup ini dibuat oleh Bebi, semuanya, mulai dari meracik bumbu, menyiapkan sayurnya hingga proses memasaknya... Hmmm....yummy bener...rasanya dah mirip2 sup di resepsi2 yang enak itu loooh...

Kunci agar sup ini benar2 berasa maknyuss adalah pada penggunaan margarine yang cukup banyak ketika menumis bumbu dan margarine itu semuanya dimasukkan ke dalam kuah sup. Selain itu penggunaan kaldu blok sebagai pengganti kaldu yang sebenarnya juga cukup efektif untuk meningkatkan rasa masakan, hohoho… (sebenarnya ini semacam pembenaran, karena sup ini dimasak di kost, makanya kalo pake kuah kaldu yang sebenarnya, harus bikin kaldu dulu akan sangat merepotkan, makanya pake kaldu blok saja). Tapi karena sudah pake kaldu blok, maka tidak perlu tambah penyedap rasa lagi yaaa…
Kalo liat gmbar di atas, tampak bahwa ampas sup (isinya maksudnya sayur2nya) dipisahkan dengan kuahnya. hal ini dikarenakan wadahnya tidak cukup... hahahahaha...

Sedangkan aku, cuma bikin beregedel tahunya...mpe nggoreng2, aku semua...hohoho...
Bergedel Tahu
Bahan : Tahu putih tanpa kulit 10 buah, merica, garam, 3 siung bawang putih, satu buah wortel, seledri dan daun bawang secukupnya, 2 butir telor.
Cara membuat :
1. Uleg bumbu halus : merica, garam dan bawang putih
2. Lumatkan tahu putih dan campur dengan bumbu halus
3. Wortel dipotong dadu kasar, daun seledri dan daun bawang juga diiris tipis.
4. Setelah tahu dan bumbu tercampur rata, tambahkan wortel, daun seledri, daun bawang, lalu pecahkan 2 butir telor, aduk rata.
5. Bentuk bulat pipih lalu goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan.
6. Sajikan bersama Sup Ajib dan nasi putih hangat… Itadakimass….

Tidak ada komentar: